16.11.08

Apa Kabar Anggota ISO?

Diposting oleh KANG SOFY |

Kurang lebih 2 tahun yang lalu aku dan Mr. Utsman memeras otak mencarikan nama yang matching untuk organisasi binaan Program Internasional di Madrasah Aliyah Nurul Jadid (MANJ). Layaknya orang tua yang baru dianugrahi momongan oleh sang Pencipta, aku dan Utsman berusaha agar sekiranya nama organisasi tersebut sesuai dengan visi atau harapan MANJ yang telah dipercaya untuk membina siswanya agar menjadi siswa dengan legitimasi hingga tingkat internasional.

Akhirnya setelah melalui perdebatan panjang dipilihlah nama ISO, kependekan dari International Student Organization. Nama tersebut terinspirasi dari sebuah nama organisasi internasional (International Organization for Standardization – ISO) yang membidani masalah penetapan standar industrial, komersial serta pelayanan publik termasuk di dalamnya adalah pendidikan.

Begitupun kita dan tentu juga MANJ. Harapan besar yang selalu terngiang dalam hati kecil kami waktu itu adalah bagaimana sekiranya organisasi siswa program MBI tersebut mampu memberikan bargaining bagi MANJ dan PP. Nurul Jadid kepada masyarakat luas. Tentunya dengan standar kelayakan sebagaimana nama yang telah diberikan kepadanya.

2 tahun kini telah berlalu, berjuta kisahpun telah aku ukir bersama dengan ISO guna menggapai harapan besar itu. Masalah demi masalah aku hadapi dengan bermacam gaya senyum dan ketegangan. Terkadang aku juga tanpa sadar menjadikan para anggota ISO sebagai objek kemarahanku ketika aku merasa sulit sekali memecahkan permasalahan yang aku hadapi bersama ISO. Begitulah, aku dan mereka adalah Top- Down yang selalu melebur menjadi satu. Aku tak mau terlalu mengandalkan struktur sebab posisi para anggota ISO waktu itu masih bukanlah sebagai organisator yang concept- oriented, namun cenderung kepada pendampingan yang maksimal dari para pembinanya.

2 tahun kini telah berlalu, akupun kini telah berlalu!....bagaimanakah kabarmu anggota ISO? Sudahkah engkau mengenal ISO lebih mendalam atau malah sebaliknya, engkau terlalu sibuk dengan kepentinganmu sendiri?. Bagaimanakah saat ini orang lain mengenalmu, apakah ibu jari yang mereka hadiahkan untukmu atau saat ini engkau masih terlelap dengan simbol internasionalmu tanpa sedikitpun berbuat sesuatu untuk mempertanggungjawabkannya?

…Aku yakin dengan harap ISO kelak bukanlah hanya sebuah nama belaka!...

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar anda pada kotak di bawah ini, selanjutnya pilih salah satu opsi pada menu dropdown "beri komentar sebagai". Apabila anda memiliki google account pilih "google" jika tidak pilih name/url. Thanks for your comment!

Subscribe