3.12.08

Hotspot dan Internet Bagi Siswa MANJ

Diposting oleh KANG SOFY |

Hotspot Area sudah menjadi trend di berbagai lembaga pendidikan di Indonesia. Membaca berita di situs MANJ yang berjudul “MANJ Punya Hotspot Area” cukup membuat hati saya bangga dengan perkembangan teknologi disana. Penambahan fasilitas itu membuktikan bahwa MANJ memiliki concern yang tinggi dalam penerapan teknologi dalam pembelajaran bagi para siswanya. Saya juga sedikit jealous melihat foto pak musthofa yang sedang mengajar di depan kelas dengan laptop. Pengalaman yang mungkin belum pernah saya rasakan selama saya mengabdi di MANJ.
Begitulah, teknologi sudah mulai merambah ke dalam wilayah publik tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Siapapun bisa menggunakannya, para pejabat, artis,
siswa, mahasiswa bahkan bagi sebagian kiai, laptop bukan lagi menjadi barang asing untuk dipergunakan. Sebab saat ini sudah banyak beredar cd/dvd yang bisa memuat hampir lebih dari 1000 kitab di dalamnya.

Lantas apa yang dirasakan siswa MANJ setelah MANJ memberikan fasilitas hotspot area ini kepada mereka?. Tentu saja tidak semuanya mampu menikmatinya. Sebab syaratnya seperti yang disampaikan Rizky harus ba
wa laptop. Apalagi saat ini harga laptop mulai melambung seiring dengan melambungnya nilai tukar dolar Amerika terhadap rupiah. Namun, Don’t Worry About That!, Hotspot hanyalah another way agar kita bisa tersambung ke dalam jaringan. Bagi siswa yang tidak bawa laptop masih bisa ber-surfing di kelas, perpustakaan maupun di laboratorium komputer yang telah disediakan.

So, pertanyaan yang mungkin perlu dijawab saat ini adalah
sejauh mana siswa MANJ memanfaatkan fasilitas internet di Sekolah?. Mungkin sebagian siswa akan berapriori kalau selama ini jaringan internetnya jarang connect dan selalu loading ketika melakukan akses. Namun sebagian yang lain mungkin cenderung memilih diam karena hak akses internet yang diberikan bukannya mereka gunakan untuk mencari informasi seputar mata pelajaran, namun hanya untuk menguntit lokasi rumah dengan wikimapia, surfing berita terbaru para artis, chatting, download gambar, video dan mp3, atau hanya sekedar mengecek keberuntungan melalui situs ramalan bintang. Apakah anda termasuk bagian dari mereka? Tired deh!

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar anda pada kotak di bawah ini, selanjutnya pilih salah satu opsi pada menu dropdown "beri komentar sebagai". Apabila anda memiliki google account pilih "google" jika tidak pilih name/url. Thanks for your comment!

Subscribe