3.12.08

Welcome TOEFL!

Diposting oleh KANG SOFY |


“Sofiyamsah:… dan do'ain smoga semua siswa MBI pass tes TOEFL nanti di hari Jum'at”,
Pesan singkat yang diposting pada hari Rabu, 26/11 itu sejenak mengingatkanku kepada KH. A. Malthuf Siraj, M.Ag, Pimpinan MANJ. Dalam sebuah rapat koordinasi antara pimpinan dan karyawan beliau pernah menyampaikan keinginan untuk segera merealisasikan program Test of English as a Foreign Language (TOEFL) ini untuk siswa dan guru bahasa Inggris.
Namun waktu itu masih belum diputuskan waktu pelaksanaannya karena mungkin masih banyak program lain yang harus segera didahulukan. Dan lagi, biaya pendaftaran tes yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 1964 inipun cukup bisa dikatakan “mewah”, sehingga menjadi alasan tersendiri bagi MANJ untuk terlebih dahulu mensosialisasikan program tersebut kepada siswa dan guru.
TOEFL adalah tes bahasa Inggris yang dirancang untuk mengukur penguasaan bahasa Inggris mereka yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Tes ini dikembangkan dan diselenggarakan oleh Educational Testing Service (ETS), sebuah lembaga nirlaba yang berkedudukan di Amerika Serikat. Jenis tes bahasa Inggris TOEFL ini pada umumnya diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada baik untuk program undergraduate (S-1) maupun graduate (S-2 atau S-3).
Namun seiring dengan meningkatnya tuntutan pendidikan, Hasil tes TOEFL ini juga dipakai sebagai bahan pertimbangan mengenai kemampuan bahasa Inggris dari calon mahasiswa S-2 dan S-3 di Indonesia. Bahkan sertifikat tes yang lebih berorientasi kepada American English tersebut saat ini sudah menjadi persyaratan mutlak bagi siswa pada sekolah-sekolah unggulan di Indonesia yang dikenal dengan istilah Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) dan Madrasah Bertaraf Internasional (MBI).

Kemampuan yang diuji dalam tes TOEFL
Ada tiga bagian tes TOEFL yang harus dikerjakan oleh peserta tes antara lain:
1. Listening Comprehension = 50 soal
2. Structure & Written Expression = 40 soal,
3. Reading Comprehension = 50 soal.
Untuk Paper and Pencil Based TOEFL (soal dengan kertas), seluruh soal ditulis dalam pilihan ganda. Sedangkan untuk Computer Based TOEFL (soal dengan media computer), selain soal pilihan ganda terdapat soal esai yang menguji kemampuan mengarang peserta dalam bahasa Inggris serta variasi lain bentuk soal seperti menjodohkan, meng highlight kata tertentu yang ada kaitannya dengan main idea suatu bacaan, dll. Keseluruhan tes berlangsung dalam waktu kurang lebih 150 menit, untuk Paper and Pencil Based TOEFL, dan kurang lebih 240 menit untuk Computer Based TOEFL.

Hubungan skor yang diperoleh dengan tingkat penguasaan bahasa Inggris seseorang.
Secara umum kita mengenal tiga level penguasaan bahasa asing, yaitu Tingkat Dasar (Elementary), Tingkat Menengah (Intermediate), dan Tingkat Mahir (Advanced). untuk skor TOEFL, para ahli bahasa biasanya mengelompokkan skor ini kedalam empat level berikut ( Carson, et al., 1990):
• Tingkat Dasar (Elementary) : 310 s.d. 420
• Tingkat Menengah Bawah (Low Intermediate) : 420 s.d. 480
• Tingkat Menengah Atas (High Intermediate) : 480 s.d. 520
• Tingkat Mahir (Advanced) : 525 s.d 677

By the way... are you ready to play the game guys?
Go ahead! The future is waiting for you!
HAVE A NICE TEST!


Sumber:
- http://en.wikipedia.org
- other resources

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Semoga Program TOEFL tersebut bener2 bisa menciptakan perubahan bagi MANJ.(Kiki' alumni'06)

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar anda pada kotak di bawah ini, selanjutnya pilih salah satu opsi pada menu dropdown "beri komentar sebagai". Apabila anda memiliki google account pilih "google" jika tidak pilih name/url. Thanks for your comment!

Subscribe